Cara Mudah Membuat Motor Irit dan Kencang

3 min read
5 Cara Mudah Membuat Motor Irit dan Kencang
Bagi sobat yang sering mengendarai speda motor pasti sering kali merasakan ada be-berapa kekurangan pada motor kita, terutama pada performa, semua riders pasti ingin motornya kencang dan irit, meskipun dari pihak pebrikan sudah meracik motor yang sudah memiliki performa yang cukup memadai, namun salah satu dari sobat bikers semua pasti masih merasa ada yang kurang dari performa motor tersebut, selain mengenai hal performa dalam hal keiritan pun pasti turut menjadian perhatian para bikers,
meskipun motor racikan pabrikan sudah irit namun saya yakin masih banyak para riders bahwa motor tersebut masih dirasa kurang irit
Kedua hal tersebut memang masih menjadi perhatian utama para riders, karena pada dasarnya dari produsen pabrikan sudah membatasi performa maksimalnya, nah yang dibutuhkan oleh konsumen kencang tanpa limit namun tetap irit, hehehehe, namun jangan kawatir masbro, kali ini aufaproject46 akan ngasih tips, ada 5 cara yang bisa mendongkrak performa motor, namun jangan Tanya masih tetap irit, karena kedual hal tersebut sulit untuk digabungkan, nah jika masbro sekalian pengin motor kencang namun tetap irit, ada 5 tips untuk dicoba, motor bisa kencang namun tetap irit menjadi satu yaitu,
1. Porting Polish



Jika masbro sekalian suka oprek di bagian mesin pasti pernah mendengar apa itu porting polish, salah satu yang bisa mendongkrak performa motor dan tetap irit bahan bakar yaitu dengan melakukan porting polish, Porting polish dilakukan pada bagian head kendaraan,
untuk melancarkan proses daya hisap dan daya buang saat motor melakukan pembakaran dalam mesin, dalam hal ini bisanya tidak terlalu diperhatikan oleh para pabrikan, karena kebanyakan para produsen motor hanya mengejar produksi masal untuk menekan penjualan, porting polish banyak dilakukan para riders yang suka motor kencang dan dipercaya bisa mendongkrak performa motor namun tetap irit bahan bakar,
2. Papas Head

Nah selanjutnya yang bisa mendongkrak performa motor yaitu dengan melakukan Papas Head, proses papas head motor ini biasanya di lakukan untuk menaikan dan medatkan Rasio kompresi pada motor, Proses papas head ini bisa membuat motor menjadi lebih memiliki tenaga. Namun perlu diingat, bahwa proses pemapasan head cukup berisiko, terutama ketika mekanik tidak faham dengan kondisi motorOleh karena itu, butuh ketelitian dan penghitungan yang tepat antara posisi head, boring, dan bagian Nah jika masbro ingin melakukan papas Head lebih baik cari mikanik atau bengkel yang sudah ahli dalam hal tersebut, karena melakukan head motor sangat butuh perhitungan yang tepat antara posisi boring head dan bagian lainya seperti klep seher busi dll agar tidak mengalami tabrakan,
3. Perbesar Klep

Biasanya, klep digunakan untuk mengatur proses pembuangan dan penghisapan pada motor 4 tak. Dengan melakukan perbesaran, maka motor akan memiliki tenaga dan nafas yang lebih panjang sebab pembakaran lebih efisien. Selain memperbesar, Anda juga bisa membuat head dengan jumlah 3 klep serta menggunakan noken as yang berkualitas. Anda juga bisa mengganti head dengan sistem DOHC jika motor Anda bersistem SOHC Dual Valve
4. Timing Pengapian Dimajukan


Pengapian timing di majukan salah satu yang bisa mendongkrak performa motor yaitu dengan melakukan memajukan timing pengapian, hal tersebut di lakukan untuk mempercepat proses pembakaran dan bisa menghasilkan daya pembakaran yang lebih baik dan efisiensi, untuk melakukan memajukan timing pembakaran masbro bisa siapkan beberapa hal berikut,
CDI penggunakan CDI dengan kurva pengapian yang lebih maju, atau gunakan CDI yang timing pengapiannya dapat diatur.
Koil koil dapat digunakan untuk memperbesar api yang nantinya akan membakar AFR pada ruang bakar.
Bahan Bakar timing pengapian yang sudah dimajukan, haram hukumnya menggunakan bahan bakar yang beroktan 88 atau premium, hal ini akan menyebabkan mesin menjadi ngelitik dan proses pembakaran menjadi kurang sempurna.
5. Mengganti ECU atau ECM

Motor-motor zaman sekarang sudah manyuritas menggunakan fuel injection dimana motor tersebut di ataur oleh komputer, dan setiap motor yang memiliki system pembakaran fuel injection pasti memilki yang namanya ECU atau ECM yang mengaturnya, Nah salah satu yang juga bisa mendongkrak performa motor yaitu dengan mengganti ECU atau ECM, dengan merek aftermarket, dan banyak dijual dipasaran, namun biasanya yang nmanya ECU atau ECM itu masih cukup mahal, namun dengan mengganti komponen tersebut masbro akan merasakan efek yang sangat signifikan pada motor,
Nah sekarang yang jadi pertanyaan bagaimana caranya motor yang sudah kencang namnun tetap irit bahan bakar??
Ada banyak cara untuk membuat motor kecang namun tetap irit, di zaman tegnologi yang serba canggih ini ada banyak komponen dan alat penghemat bahan bakar, yang katanya mampu menambah tenaga motor dan tetap irit bahan bakar, namun pada dasarnya komponen tersebut akan tetap berpengaruh tetapi menurut saya tidak 100%, kok bisa?? Karena ada banyak faktor bisa dipengaruhi oleh motor itu sendiri menggunakan komponen tersebut tidak cocok tidak semua motor cocok untuk menggunakan komponen penghemat bahan bakar tersebut, tapi apa salhnya dicoba toh??
Berikut ini ada beberapa alasan yang mungkin bisa dipertimbangkan untuk menggunakan komponen penghemat bahan bakar tersebut, Komponen penghemat bahan bakar yang menggunakan arus listrik memiliki potensi bisa merusak kelistrikan pada motor atau bahkan bisa mengalami konsleting pada kelistrikan motor,
Beberapa komponen penghemat bahan bakar itu bersifat aktif, sehingga ada kemungkinan motor akan ‘sakaw’ ketika berhenti menggunakan penghemat bahan bakar tersebut.
Jika pengendara masih ingin mencoba pengiirit bahan bakar, pengendara perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini:
Nah jika masbro sekalian masih merasa penasaran atau tetap ingin mencoba, komponen penghemat bahan bakar masbro perlu memperhatikan beberapa hal, Salahnya satunya cek testimuni penggunaan alat tersebut dan bisa dari media atau bahkan ada teman fecebook yang sudah memakai, bisa sharing di grup-grup motor, Jika masbro ingin mencoba alat komponen penghemat bahan bakar dari Elektronik, pastikan masbro membaca baik-baik petunjuk cara pemasanganya dan kalu bisa klain gransi dari penjual, Dan jangan lupa selalu perhatikan kondisi aki kendaraan masbro ketika sedang memasang komponen penghemat bakar Elektronok,
Nah itulah beberapa tips dari aufaproject46 yang dapat dilakuan aagar dapat mendongkrak performa motor namun tetap irit bahan bakar, cukup mahal, yap betul bagi saya cukup mahal, pada dasarnya jika inigin mengejar performa dan keiritan ada banyak hal yang musti dirubah bahkan diganti, namun sangatlah manjur, selamat Mencoba masbro,,
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share